Kamis, 22 Maret 2012

BELAJAR DARI WANITA PEMIMPIN DUNIA


BELAJAR DARI WANITA PEMIMPIN DUNIA
Di mata mayoritas lelaki, perempuan itu makhluk berhati pualam yang harus diberi perlindungan dan kasih sayang. Di dunia perempuan banyak yang menjadi pemimpin.

Hayo kita baca lebih detailnya,,,
Bicara soal mandat rakyat buat pemimpin perempuan, daftarnya bisa amat panjang. Termasuk di dalam’nya nama beken abad silam seperti : Ratu firaun Hatshepsut ( mesir, 1503 – 1482 ), Cleopatra ( mesir, 69 – 30 SM),  zenobia ( suriah, 3 M ), Isabella ( spanyol, 1451 – 1504 ), atau mary tudor ( inggris, 1516 – 1558 ).

Agar lebih familiar, kita sorot saja para pemimpin wanita abad XX – XXI. Sebagian besar masih menumpang nama besar suami, ayah, atau mertua. Namun, tak sedikit yang mencuat karena kecerdasan, ketegasan, dan ketabahannya dalam mencapai tujuan.

Tegas menjaga integritas
Kalau berhasil pemimpin diukur berdasar kemampuannya menyelesaikan pesoalan gentimg, mantan perdana mentri ( PM ) inggris Margaret Hilda Thatcher ( 76 ) mungkin jago’nya, wanita kelahiran grantham itu selama 10 tahun menjadi singa podium majelis rendah, sebelum dipercaya menjadi menteri pendidikan dan sains ( 1970 – 1974  ).

 

Foto Margaret Thatcher

Tak lagi menjadi menteri ( 1975 ), ahli kimia lulusan Hard vard university ini pun bersaing memperebutkan jabatan pimipinan partai konservatif, dan menang. 4 tahun kemudian, dia sukses besar dalam pemilu, membawanya langsung ke kursi PM. Tapi, tugas istri Denis Thatcher ini jelas tak mudah.
Banyak tantangan menuntutnya bertindak tegas, terutama soal keutuhan wilayah. Ujian terberat datang saat Argentina menyerang dan menduduki kepulauan Falkland. Sejenak, dunia seperti lupa Thatcher itu wanita, karena keberaniannya melebihi lelaki. Dia langsung memerintahkan Menhan John Nott mengirim ribuan pasukan dengan kawalan 50 kapal perang. Akhirnya, tak kurang dari satu bulan, argentina menyerah. Thatcher pun di juluki “ Wanita Besi “ .

Julukan itu mengental saat dia kukuh membela privatisasi fasilitas public, termasuk layanan kesehatan. Thatcher juga menghadapi pemogokan buruh tambang yang dimotori nation union of miners, serta “ berperang “ melawan program ekonomi sosialis yang diprakarsai partai buruh.

Foto  INDIRA GANDHI. Simbol perjuangan kaum wanita. MARGARET THATCHER .

Namun, dia tetap konsisten. Sikap yang membuatnya didukung banyak pihak, hingga di percaya memerintah dalam 3 periode ( hasil pemilu 1979, 1983, dan 1987 ). Dialah perdana menteri inggris pertama di abad XX, yang memerintah tiga periode berturut – turut.

Tahun 1980, Thatcher di paksa mengundurkan diri sebagai PM, menyusul sikap kerasnya terhadap rencana penyatuan eropa. Sebuah akhir perjalanan yang khas, karena sampai titik darah penghabisan, dia tetap membesi, keras tanpa kompromi.

0 komentar:

Posting Komentar